Jumat, 27 April 2012

Kenali TB Sejak Dini

Assalamualiakum warga Aceh Besar … Nah mungkin semua bertanyatanya apa itu TB ?, langsung aja ya ! TB adalah sebutan lain dari penyakit TBC. Di Aceh, selain Malaria, TB menjadi sebuah penyakit yang berkembang luas di masyarakat. Ketidaktahuan masyarakat terhadap apa itu penyakit TB membuat penyakit ini semakin menyebar luas di masyarakat. Untuk itu para Penyuluh TB di A c e h B e s a r b e r u s a h a u n t u k memberikan informasi melalui penyuluhan terhadap masayarakat m e n g e n a i p e n y a k i t T B , c a r a penularan, dan penanggulangannya. Alhamdulillah di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Besar telah terbentuk kader-kader TB care yang bertujuan untuk melayani masyarakat dalam menanggulangi p e n y a k i t T B i n i . 

Seringkali kita mendengar bahwa penyakit TB ini sudah tidak ada lagi didalam masyarakat, padahalal jika kita melihat gejala, banyak masyarakat yang mengidap kuman TB ini, s e h i n g g a k e t i d a k p a h a m a n masyarakat membuat kuman TB ini menyebar luas kepada orang lain TB hanya menular melalui saluran pernafasan ( hidung ) apabila Penderita TB Batuk dan percikan bakteri Mikobacterium Tuberkulosa ( baca : Kuman TB ) masuk ke saluran pernafasan ( hidung ) orang lain. Sehingga kuman tersebut bertahan di dalam paru-paru, dan ketika dayan tahan tubuh berkurang, maka kuman tersebut akan berkembang di dalam paru-paru. TB tidak ditularkan melalui bersentuhan, berpelukan, makan bersama, serta berbicara dengan penderita TB. Jadi, JANGAN TAKUT UNTUK BERSAHABAT DENGAN PENDERITA TB.... Ciri-Ciri Penyakit TB : A. Gejala Utama : Batuk Berdahak selama 2 Minggu hingga sebulan B. Gejala Tambahan : Batuk Berdahak disertai darah , Dada terasa sakit, Nafsu makan menurun, Berat b a d a n m e n u r u n , D e m a m berkepanjangan, dan berkeringat di malam hari walau tanpa aktivitas. 

Nah, dengan mengetahui gejalagejala diatas, maka jangan malu untuk berobat ke UPK ( Unit Pelayanan Kesehatan ) terdekat, segera hubungi kader-kader TB yang telah terbentuk untuk mendapatkan pelayanan yang baik tanpa dipungut biaya sepeserpun, dan tunggu kami di gampongg a m p o n g s y e d a r a u n t u k mensosialisasikan penyakit TB ini. ( Baihaqi : TB Care )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar